18 September 2021

Sukses Dirikan SD dan SMP, Kini Ketua  Ranting Muhammadiyah Kabil, Masrizal Dirikan SMK Muhammadiyah.

IHK – BATAM | Sukses membuka jenjang tingkat SD dan SMP, sekolah swasta Muhammadiyah yang berdomisili di kelurahan Kabil yang menjadi Kebanggaan masyarakat kelurahan nongsa, kini buka Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Muhammadiyah.(15/7’21)

Siapa yang tak kenal Muhammadiyah, yaitu salah satu organisasi terbesar di dunia saat ini. Organisasi yang di dirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta itu. dimana hingga saat ini Muhammadiyah sangat dikenal dengan kemajuannya di bidang pendidikan berbasis Islam mulai dari tingkat dasar hingga sekolah tinggi yang terdapat di seluruh penjuru negeri.

Hal itu terbukti dari bangunan gedung sekolah Muhammadiyah yang berdiri kokoh di Jalan PTK Housing no.13 A RT.01 RW.18 kelurahan Kabil, sekolah yang di dirikan oleh Masrizal selaku ketua ranting Muhammadiyah Kabil itu kini menjadi sekolah favorit kebanggaan masyarakat sekitar, khususnya di wilayah Nongsa.

Bangunan gedung lokal belajar SD dan SMP Muhammadiyah kelurahan Kabil

Sebagai ketua ranting Kabil, Pria berdarah minang itu dengan kegigihannya berhasil mewujudkan sebuah gerakan yang menjadi ciri utama dari tujuan organisasi Muhammadiyah yaitu membangun tatanan sosial dan pendidikan bagi umat dalam meningkatkan sumber daya manusia(SDM) yang cerdas, unggul dan berkarakter islami.

SIMAK JUGA :

Polri Tak Kenal Lelah Sosialisasikan PPKM Darurat Secara Humanis Kepada Masyarakat

Hasil Swab PCR, Gubernur Kepri Terkonfirmasi Positif COVID-19

Mahasiswa Gelar Vaksinasi, Kapolri Optimis Herd Immunity Covid-19 Segera Terbentuk

Masrizal mengatakan, Dengan tekad dan optimismenya, dirinya memberanikan diri untuk membuat satu gebrakan besar pada tahun 2009, dengan mendirikan amal usaha yaitu Pendidikan Muhammadiyah di kelurahan Kabil. Berawal dengan di dirikannya bangunan Sekolah Dasar(SD) yang berlokasi diatas lahan hibah dari Bapak Harun(alm), salah satu tokoh yang sangat peduli terhadap pendidikan dan syiar Islam sehingga dirinya mengikhlaskan guna dapat dipergunakan untuk kepentingan umat. dan berharap dengan makin berkembang serta  berkesinambungan sekolah tersebut menjadi amal ibadah yang terus mengalir dan berlipat ganda untuk almarhum.

Foto bersama pengurus ranting Muhammadiyah Kabil dengan kepsek SD dan SMP Muhammadiyah Kabil. (dok. foto diambil sebelum pandemi C-19)

“Syukur alhamdulillah kepada Allah SWT dan juga tentunya kemajuan sekolah ini tak lepas dari partisipasi serta kontribusi yang besar dari ibu Dr.(c) Anis Rohmawati,S.Pd.I., M.Pd. selaku kepala sekolah dan para guru serta jajaran pengurus ranting Kabil lainya, sehingga sekolah ini dapat berkembang dan maju sehingga telah banyak mencetak generasi-generasi penerus yang cerdas dan Berakhlakul Karimah. ” Jelas Masrizal, dengan dialek khas Minang dan nampak mata berkaca sebagai luapan  rasa haru nya saat di wawancarai awak media IHK.

Selanjutnya ia berkata, Hal tersebut berawal dari mimpi yang kini menjadi kenyataan, hingga saat ini bisa menjadi salah satu sekolah swasta yang besar dan menjadi favorit kebanggaan masyarakat kecamatan Nongsa khususnya di wilayah kelurahan Kabil. tentu capaian ini tak lepas juga dari hadirnya sekretaris beliau(Masrizal) yakni Ustad Wildan Rudianto, salah satu tokoh agama/masyarakat di Kabil yang telah banyak membantunya dengan keikhlasan dalam membesarkan sekolah Muhammadiyah Kabil.

Resmi beroperasi pada tahun 2010, terbukti SDS Muhammadiyah Kabil mampu menunjukkan eksistensinya dalam bidang pendidikan, tentunya hal ini dapat dilihat dari output atau lulusan pertama hingga tahun ini hingga berjumlah 328 alumni.

Selain itu, setiap tahunnya dalam masa PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), SDS Muhammadiyah Kabil selalu ada peningkatan. Artinya, masyarakat sangat antusias menyambut baik kehadirannya sehingga mempercayakan dan ikhlas dalam mengamanahkan pendidikan putra putrinya untuk menimba ilmu di sekolah tersebut.

Tak merasa puas dengan keberhasilannya di tingkat SD yang sudah berjalan maju, pada tahun 2014 Masrizal mendirikan kembali  Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama(SLTP) atau SMP Muhammadiyah yang hingga saat ini telah mempunyai anak didik ratusan murid, tentu bukan hal yang mudah untuk sekolah baru dapat menarik minat orangtua murid. namun berkat kegigihannya dan dengan mempercayakan kepada Drs. Mashudi, orang yang dianggapnya tepat dalam mengelola SMP tersebut, sehingga saat ini sekolah tersebut dapat berjalan dengan sukses sesuai yang diharapkan.

Tak berhenti disitu, memasuki tahun ajaran baru ini(2021-2022), kini Masrizal kembali membuka jenjang Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Muhammadiyah dengan membuka dua jurusan sekaligus, yakni Tata boga dan Tata Busana. hal itu diperjelas dengan banyaknya spanduk pemberitahuan untuk penerimaan murid baru yang banyak terpampang di seputaran wilayah Nongsa khususnya di daerah kelurahan Kabil .

Rutinitas seluruh murid melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah.( dok.foto diambil sebelum masa pandemi C-19)

“Tak hanya sekadar bertekad mencerdaskan generasi penerus bangsa, yang tak kalah penting dalam pendidikan yang kami terapkan disini adalah menempa generasi penerus yang beradab, berakhlak mulia serta bertaqwa kepada Allah SWT. sehingga ketika besar kelak dapat mengaplikasikan dengan benar antara hablum minallah wa hablum minannas(hubungan baik manusia dengan Tuhan dan hubungan baik dengan sesama manusia).” Tutup Masrizal.

Nampak di lokasi, banyak orangtua wali murid berbaris dengan rapih di depan kantor untuk mendaftarkan anak-anaknya dibawah arahan dan pantauan security (satpam) perihal prokes dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan memakai sabun ditempat yang telah disediakan.

Editor : GAS