18 September 2021

Rekomendasi Bawaslu, KPU Batam Gelar Pemungutan Suara Ulang

Investigasihukumkriminal.com BATAM – KPU Batam laksanakan Pemungutan Suara Ulang(PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara(TPS), yaitu di TPS-28 Duriangkang dan TPS-2 Seraya Batam, pada Minggu (13/12/2020).

(Foto: Ilustrasi/Dok.ihk.com)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan pemungutan suara ulang dua TPS di Kota Batam. Lokasi pemilihan ulang dilaksanakan di TPS-28 Duriangkang, Sei Beduk dan TPS-2 Kampung Seraya. Kedua TPS ini dinyatakan telah terjadi kekeliruan pada saat pemungutan suara 9 Desember 2020 lalu.

Hal ini dibenarkan Anggota KPU Batam, Dr. Sastra Tamami. ”Ada kesalahan saat proses pemungutan suara di kedua TPS tersebut. Di TPS-28 Duriangkang, ada dua kakak beradik, yang menyalurkan hak suaranya di TPS itu, padahal dia tidak terdaftar di DPT TPS tersebut, dan KTP nya pun bukan beralamat di lingkungan itu, tapi di Batuaji,” jelas Sastra.

Sesuai dengan aturan, jika ada dua orang yang tak termasuk DPT, tapi menyoblos di TPS maka ujar Sastra Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan digelar.

| SIMAK JUGA :

Terkait Kematian 6 Laskar FPI, Ketua Komnas HAM: Besok, Kapolda Metro dan Dirut Jasa Marga Dimintai Keterangan

Usai di Periksa, HRS Resmi di Tahan Dengan Mengenakan Rompi Orange dan Tangan Diikat Menuju Rutan

Sedangkan di TPS-2 Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, jumlah surat suara untuk Pilwako yang dicoblos, berlebih dua dibanding daftar hadir warga yang melakukan penyoblosan.

“Mungkin pada saat penyerahan surat suara, tak sengaja dikasih 2, tapi ketika ditanya pada pemilih tidak ada yang mengaku, makanya Bawaslu mengeluarkan rekomendasi PSU,” papar mantan wartawan televisi ini.

PSU sendiri kata Sastra, akan diselenggarakan pada Minggu (13/12/2020) tepat pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Untuk di TPS-28 PSU diselenggarakan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Walikota dan Wakil Walikota Batam”, jelasnya.

“Kalau di TPS-2 Kampung Seraya hanya untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota saja, semoga besok tidak ada hambatan, karena pemungutan suara ulang wajib dilaksanakan,” tutupnya. (GAS)