19 Oktober 2021

Jalin Kemitraan Bersama DKPP kota Batam, Warga Purna Yudha Bentuk KWT Srikandi Gemilang

Investigasihukumkriminal.com BATAM – Ketua tim penyuluh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian(DKPP) Kota Batam, Ayu Dalga sosialisasikan program-program DKPP kota Batam dan bentuk Kelompok Wanita Tani(KWT) Srikandi Gemilang di lingkungan perumahan Purna Yudha Indah, kelurahan Kabil kecamatan Nongsa. pada Jum’at(25/6/2021).

Foto bersama warga PYI di akhir sesi bersama Ayu Dalga ketua penyuluh hotikultura DKPP kota Batam

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB di gedung Sanggar Seni fasum RT.02 itu dihadiri oleh ketua RW setempat, Khamsu Darmawan, ibu RW.17, Tiominar Gultom beserta puluhan ibu-ibu dilingkungan perumahan Purna Yudha Indah(PYI) yang mewakili dari masing-masing lingkungan RT.01, 02, 03 dan 04 RW.08 PYI.

Diketahui, Salah satu program DKPP yang dipaparkan oleh Ayu Dalga di hadapan hadirin, yakni perihal Kelompok Wanita Tani (KWT), dimana dalam program itu sendiri bertujuan menyasar para ibu-ibu guna mengedukasi cara bercocok tanam yang benar, yakni tanaman sayuran yang dapat menopang kebutuhan pangan keluarga.

Ketua penyuluh Hortikultura DKPP kota Batam, Ayu Dalga paparkan program KWT.

 

 

Ayu Dalga disambut dan didampingi ketua RW setempat beserta istri hingga acara usai.
Ibu RW.17 Kabil, Tiominar Gultom berikan sambutan dihadapan hadirin KWT Srikandi Gemilang

Dalam sambutannya, ketua RW08 Khamsu Darmawan, mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas dikabulkannya permohonan dirinya kepada DKPP untuk sosialisasi sekaligus pembentukan KWT dilingkungannya.

“Terimakasih kepada Dinas DKPP kota Batam, wabil khusus ibu Ayu Dalga yang telah merealisasikan permohonan kami,  guna memberikan bimbingan kepada warga kami. dan saya juga sangat bangga kepada ibu-ibu yang sangat antusias dalam menyambut serta mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. dan semoga nantinya akan membawa banyak manfaat untuk kita” Ucap Khamsu.

Selanjutnya,  mantan ketua RT 02 yang kini di dapuk sebagai ketua RW 08 itu mengatakan, bahwa KWT tersebut adalah  program yang ke dua setelah dirinya mengabdi, dari pengajuan yang sebelumnya yakni program Kelompok Usaha Bersama(KUBE) dari kementrian Sosial Republik Indonesia yang telah di rekomendasikan oleh Dato Drs. Nyat Kadir(Anggota DPR RI) dapil Kepri, yang akan dilaksanakan pada bulan Juli yang akan datang.

SIMAK JUGA :

Polri Targetkan Vaksinasi Massal Serentak 1 Juta di Seluruh Indonesia Besok

Pengedar narkoba jenis daun ganja kering berhasil tertangkap Satnarrkoba Polres siak

“Dalam hal ini sudah ada dua agenda yang telah dan akan terlaksana di PYI, dan Insya Allah semoga kedepan ada lagi program selanjutnya baik untuk ibu-ibu ataupun pemuda/i. tentunya kegiatan ini adalah komitmen saya dalam merealisasikan misi kami dalam meningkatkan peranan wanita di lingkungan PYI.” Tegas Khamsu yang juga sebagai ketua Paguyuban Brebes Batam

Dalam kesempatan itu, Ayu memperkenalkan dirinya dihadapan para hadirin, dan terlihat di lokasi nampak warga yang hadir sangat antusias menyimak pemaparan perihal KWT  itu.

Dalam pemaparannya, Ayu sampaikan untuk tahapan awal yakni perlunya pembentukan kelompok dan nama kelompoknya.

“Silahkan bentuk kelompoknya dulu mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara, dan anggotanya. setelah terbentuk nanti kami akan bawa berkasnya untuk di daftarkan untuk dilegalkan di pemerintah kota Batam dalam hal ini DKKP untuk mendapatkan legalitas, sehingga nanti ibu-ibu akan mendapatkan penyuluhan bahkan bantuan-bantuan sesuai ketentuan program KWT.”  Ujar Ayu, selaku ketua tim penyuluh hortikultura DKPP kota Batam.

Selanjutnya, Ayu paparkan beberapa manfaat yang akan diperoleh KWT, diantaranya nanti akan mendapatkan pelatihan bercocok tanam yang benar sesuai teknologi, sehingga hasil yang didapat akan optimal. sepeti contohnya dari satu pohon cabe yang ditanam sesuai prosedur yang benar itu akan dapat menghasilkan sekira 3 kg. dan Ayu sebut bahwa Nongsa akan dijadikan penghasil bawang merah di kota Batam dengan luas lahan sekira 50Ha.

Acara yang berakhir sekira pukul 11.00 WIB itu, menghasilkan mufakat dengan terbentuk KWT di RW.08 PYI dengan nama KWT Srikandi Gemilang yang diketuai oleh Erna Yeti, Sekretaris Istiroha dan bendahara Nedia Taurina. nampak acara berjalan cair dengan penuh keakraban dan berulang terdengar gelak canda tawa terlebih dalam sesi tanya jawab. sebelum membubarkan diri nampak mereka berfoto bersama guna dokumentasi.   (GAS)