investigasihukumkriminal.com – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polresta Bandung bersama Sat Brimob Polda Jabar dan stakeholder terkait menggelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) di Soreang, Kabupaten Bandung. Kamis, 7 September 2023.

Rangkaian kegiatan Pemilu 2024 sudah mulai berlangsung sejak tahun 2023 ini. Karenanya, berbagai sistem pengamanan (Sispam) Kota untuk pengendalian massa selama Pemilu.

Dansat Brimib Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono,S.I.K menyampaikan, kami sudah menyiapkan pasukan selama satu pekan untuk melakukan simulasi Sispam Kota dalam Pemilu 2024 yang digelar di Jalan Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung pada hari ini Kamis, 7 September 2023.

“Bagaimana sistem pengamanan di kota apabila terjadi dari eskalasi ancaman terendah sampai tertinggi,” kata Yuri di sela-sela acara simulasi Sispam Kota.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan simulasi ini juga dilakukan untuk dilombakan yang diadakan Polda Jawa Barat.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa Polda Jabar dalam hal ini Karo Ops Polda Jabar ini melombakan,” kata Kusworo .

“Seluruh Polres di Jawa Barat untuk menyiapkan berkaitan dengan pengendalian massa kesiapan terhadap pemilu atau Sispamkota. Bagaimana sistem pengamanannya jika terjadi dari mulai ekskalasi ancaman terendah sampai tertinggi,” sambungnya.

Ia menjelaskan simulasi ini dilakukan apabila terjadi penculikan oleh kelompok-kelompok tak bertanggungjawab kepada salah satu capres maupun cawapres.

“Ini sudah kami simulasikan langkah-langkah pengamanan kami berdasarkan dengan Perkap No.1 Tahun 2009, Perpol Tahun 2010 dan juga peraturan-peraturan perundang-undangan lainnya,” ujarnya.

“Dengan demikian, kesiapan sudah matang, tinggal kita berdoa bersama, supaya Pemilu di Indonesia pada umumnya di Kabupaten Bandung pada khususnya bisa berjalan aman, tertib lancar, sebagaimana harapan kita semua,”

Ditempat yang sama, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian dan TNI yang telah menggelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota).

“Tadi kita sudah menyaksikan bersama-sama, bahwa itu antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat Pemilu 2024,” tuturnya.

“Ini sangat luar biasa acara penanganannya, sesuai dengan protap, peraturan perundang-undangan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Dadang juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Bandung saat Pemilu 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *