investigasihukumkriminal.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.sos. memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Lodaya 2023 bertempat di Mapolda Jabar, Senin (4/9/2023).

Pada kegiatan tersebut didampingi oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K., M.Si., M.M, serta Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, PJU Polda Jabar, PJU Kodam III/Siliwangi dan personel Polda Jabar.

Polda Jabar dan jajaran menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi operasi Zebra Lodaya 2023 yang digelar serentak di wilkum Polda Jabar dengan tema ” Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju Pemilu damai 2024.” digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 sd 17 September 2023.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.sos. menyampaikan bahwa sesuai amanat undang-undang republik indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, polri khususnya Polantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas guna terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif.

Terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif di era saat ini, tentunya memerlukan upaya dan kerja keras kita semua guna terciptanya kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

Dalam pelaksanaannya, petugas akan menggunakan etle statis dan mobile dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan.

Perlu diketahui Operasi “zebra lodaya – 2023” adalah Jenis operasi harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas secara elektronik (etle statis dan mobile) dan teguran simpatik, dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Adapun personil yang terlibat dalam operasi “zebra lodaya-2023” sebanyak 2.004 personil dengan perincian satgas polda jabar sebanyak 520 personil dan satgasres jajaran sebanyak 1.484 personil.

Tujuan dan target pada operasi “zebra lodaya – 2023” yaitu menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas,
menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas;

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi menekankan kepada seluruh personil yang terlibat operasi “Zebra Lodaya-2023” untuk mengutamakan keselamatan dalam melaksanakan tugas, melaksanakan kegiatan sebelum dalam edukasi tentang tertib berlalulintas, menghindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat, selaim itu
agar para perwira melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian yang melekat dilapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *